Wednesday 17 September 2014

Mimpi JIKA seandainya saya jadi Bupati....(KEPEMIMPINAN LANJUTAN)

Session yang kedua pada hari Rabu, 17 September 2014, yang dipandu oleh Dr. Elly Susanto, bahwa kita dikasih tugas untuk berani bermimpi untuk merubah lingkungan sekitar kita.

Permasalahan pertama, untuk kasus Kabupaten Jombang untuk memperbaiki sistem pelayanan kesehatan. Peserta yang lain dari Bengkulu, ingin membangun infrastruktur yang menjadi pangkal utama, dan membangun ekonomi kerakyatan yang ada di Bengkulu. Bengkulu terletak di pesisir selatan Sumetera, dan tidak dilalui jalutr utama jalur selatan. sehingga dibutuhkan aksesibilitas yang cukup penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Salah satu peserta yang lain dari Pekalongan, dengan berdasarkan kondisi riil di Pekalongan yang kalau sudah jam 8 sudah sepi, sehingga ingin dikembangkan menjadi hiburan masyarakat.

Session ini juga diperlihatkan vidio dari Vietnam dan Laos, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, didalam vidio terlihat bahwa kedua negara tersebut sudah mempersiapkan untuk menghadapi MEA, misalnya permasalahan SDM, dan Peluang investasi. Perlunya mengkaji kembali kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA.

Kasus menarik Kota Batu Malang memilih mewujudkan Kota Wisata Batu sebagai Sentra Pertanian Organik Berbasis Kepariwisataan International. Pemkot Batu juga merencakan membuat Asean Culture Park (ACP). Kabupaten Bantaeng memiliki visi sebagai Pertumbuhan Ekonomi di Bagian Selatan Sulawesi Selatan Tahun 2018. Visi tersebut sangat spesifik, fokus, dan timely deadline.

Salah satu yang menyebabkan kedua daerah tersebut berhasil, yaitu melakukan PPP (Public Private Partnership). Kasus menarik di Kota Kitakyushu Jepang sekitar tahun 1950-1960 kondisi sama persis dengan Jakarta sekarang. di Kota tersebut melakukan Parnership antara Pemerintah, Universitas dan Perusahaan. Yang dilakukan pemerintah Kitakyushu adalah mereka melakukan komunikasi dengan masyarakat, dan rembukan sampai ribuan kali, apa yang dibutuhkan masyarakat. mereka juga mengembangkan Industri berbasis sampah.

Problem Indonesia parnershipnya tidak jalan, contohnya kegagalan MP3I, mereka pada jalan sendiri.
permasalah TRUST yang menjadi permasalahan utama dari patnership ini.



No comments:

Post a Comment